BLANTERORIONv101

Nilai-nilai pendidikan karakter

1 April 2019

Nilai-nilai pendidikan karakter


Nilai-nilai pendidikan karakter dikelompokkan menjadi lima nilai utama yaitu nilai-nilai prilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia dan lingkungan serta kebangsaan.[1] Adapun daftar nilai-nilai utama termaksud diantaranya:
a.         Nilai karakter berhubungan dengan Tuhan




1)   Religius yaitu berupa pikiran, perkataan dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai ketuhanan.
b.         Nilai karakter berhubungan dengan diri sendiri
1)   Jujur yaitu prilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
2)   Disiplin yaitu tindakan yang menunjukkan prilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
3)   Sabar yaitu sikap yang berupaya menahan diri dalam menghadapi godaan dan cobaan sehari-hari dan berusaha untuk tidak cepat marah.
4)   Kerja keras yaitu prilaku yang menunjukkan upaya sungguh sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c.         Nilai karakter berhubungan dengan sesama
1)   Toleransi yakni sikap dan prilaku yang mencerminkan penghargaan terhadap perbedaan agama, aliran kepercayaan, suku, adat, bahasa, ras, etnis, pendapat dan hal-hal lain yang  berbeda dengan dirinya secara sadar dan terbuka, serta dapat hidup tenang di tengah perbedaan tersebut.
2)   Sikap hormat yaitu sering berupaya untuk bersikap hormat kepada orang tua, saudara, teman, guru serta berupaya untuk menghindarkan diri dari sikap tidak hormat.
3)   Santun yaitu sifat halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata prilakunya kesemua orang.
d.        Nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan
1)   Peduli sosial dan lingkungan yaitu sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya dan mengembangkan upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
e.         Nilai kebangsaan
1)   Nasionalis yaitu cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, kultur, ekonomi dan politik bangsanya.



[1] M. Mahbubi Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2012), 44

Komentar